Kamis, 25 Agustus 2011

kanker


KANKER
Mau tau apa itu kanker? Penasaran? Yang jawabnya iza langsung aja dech dibaca…

Kanker adalah istilah umum untuk pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal, yaitu tumbuh dengan cepat dan tidak terkontrol serta tidak berirama yang dapat menyusup dan menekan jaringan tubuh normal sehingga mempengaruhi fungsi tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa kanker bukan merupakan penyakit menular.
Saat ini kanker menjadi momok bagi setiap orang karena angka kematian akibat kanker saat ini cukup tinggi. Di Indonesia saja diperkirakan ada 200.000 kasus kanker serviks setiap tahun. Di rumah sakit kanker Dharmais pada tahun 1993 s.d 1994 ada 710 kasus baru. Dari jumlah itu 65% berobat dalam stadium lanjut  dengan angka ketahanan hidupnya 53,2% dan stadium awal masih dapat mencapai 90%. Sementara itu di Eropa diketahui bahwa ada 3 juta kasus kanker baru setiap tahun dengan angka kematian sebesar 2 juta dengan angka harapan hidup sebesar 60%.
Pada tahun 2000, lebih dari 10 juta kasus baru terdiagnosa dan 6 juta orang meninggal akibat kanker. Di negara-negara industri bukan hanya orang tua yang menjadi korbannya, kanker juga menyebabkan kematian dari orang yang berusia di bawah 65 tahun. Kanker paru- paru, usus, lambung adalah 3 dari 5 kanker yang paling umum di dunia, dengan kanker payudara bagi wanita dan kanker prostat bagi laki- laki.
Pada tahun 2003, diperkirakan ada 1.334.100 kasus dengan angka kematian sebanyak 556.000 orang. Sementara pada tahun 2005 WHO (World Health Organisation), menyebutkan bahwa 7,6 juta orang meninggal akibat kanker dan 84 juta orang akan meninggal hingga 10 tahun ke depan.
Melihat fakta-fakta yang ada di atas, disini peneliti ingin mencoba mencari alternatif pencegahan dan penyembuhan kanker, karena meskipun saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa untuk hal ini tetapi masih saja diperlukan biaya yang cukup mahal sehingga masyarakat kelas menengah ke bawah tidak bisa menjangkaunya.
Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan kondisi pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel-sel kanker akan selalu membelah diri dan tidak akan mengindahkan kaidah-kaidah pembelahan. Kanker bisa terjadi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ seperti sel kulit, sel hati, sel darah, sel usus, sel paru-paru, sel saluran kencing dan berbagai macam sel tubuh lainnya. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu massa dari jaringan ganas yang meyusup dijaringan didekatnya (infasif) dan bisa menyebar (metastatis) ke seluruh tubuh. Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi yang terdiri dari dua tahap:
a.    Tahap Inisiasi
Pada tahap ini terjadi suatu perubahan dalam genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. Perubahan genetik dalam sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen yang bisa berupa bahan kimia, virus dan radiasi. Tetapi tidak semua sel memiliki kepekaan yang sama terhadap suatu karsinogen. Kelainan genetik atau bahan lainnya yang disebut promotor, menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karsinogen. Bahkan gangguan fisik menahun pun bisa membuat sel lebih peka untuk mengalami suatu keganasan.

b.    Tahap Promosi
Pada tahap promosi suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisisasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. Karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan. Pada saat suatu sel menjadi ganas, sistem kekebalan tubuh sering dapat merusaknya sebelum sel ganas tersebut berlipat ganda dan menjadi sel kanker. Namun apabila sisitem kekebalan tubuh tidak berfungsi secara normal maka tubuh cenderung rentan terhadap resiko kanker, seperti yang terjadi pada penderita AIDS, orang- orang yang menggunakan obat penekan kekebalan, dan pada penyakit autoimun tertentu. Tetapi sistem kekebalan tubuh pun tidak selalu efektif, sehingga kanker kadang kala masih sering menembus perlindungan ini meskipun sisitem kekebalan berfungsi secara normal.
Dari penjelasan di atas, dengan demikian kanker adalah penyakit dari sel. Ini timbul ketika sel- sel pada bagian tubuh mulai tumbuh secara tidak terkendali. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hal ini dapat terjadi jika DNA rusak dan tidak dapat diperbaiki dan faktor lingkungan lainnya.

Tidak ada komentar: